Resep Pizzarina Sosis

Assalamu’alaikum… ^_^

Lama banget gak nulis di sini yah… lagi random, jadi gak fokus buat nulis. Gommen ne.

Aq mau share resep pizza yang kubuat beberapa waktu lalu pas sebelum adekku resmi jadi urang Bandung. Sebelum adek berangkat Bandung, aq bikinin Pizzarina (pizza ala rina :-P) dengan topping sosis. Kebetulan banyak yang nanyain resepnya.

Nih resepnya.

Bahan roti:

350 g     tepung terigu protein tinggi (aq pake Ca**a K**bar)
250 ml   air es
20 g        susu bubuk
15 g         gula pasir
50 g        mentega/margarin putih
5 g           fermipan
½ sdt      garam (secukupnya aja)

Bahan saus:

2 bh       tomat merah, kupas, buang isinya, cincang
100 g     daging giling
3 sdm    saus tomat
1 siung  bawang putih cincang
½ bh     bawang bombay cincang
½ sdt    gula pasir (secukupnya)
1 sdt       garam (secukupnya)
2 sdm    minyak untuk menumis

Topping:

3 bh      sosis (atau sesuai selera)
150 g    keju cheddar parut dan keju leleh (jika ada)

Cara membuat:

  1. Untuk membuat saus, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, kemudian masukkan tomat cincang dan daging giling. Tambahkan sedikit air dan masukkan saus tomat. Bumbui dengan garam dan gula pasir. Biarkan meresap dan mengental. Angkat dan diamkan.
  2. Untuk membuat roti: Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, dan fermipan. Masukkan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Setelah kalis masukkan mentega/margarin dan garam. Uleni terus sampai kalis dan kenyal. Tutup adonan dan diamkan selama 30 menit. Kempiskan adonan dengan memukul/meninju adonan tersebut. Bagi adonan menjadi 3 bagian, bulatkan dan diamkan lagi selama 10 menit. Pipihkan adonan dan bentuk lingkaran dengan sisi luar sedikit lebih tebal. Tusuk-tusuk dengan garpu, diamkan selama 30 menit.
  3. Panggang roti dalam api kecil sampai setengah matang (sekitar 5-8 menit). Angkat dan oleskan saus di atasnya. Tata sosis yang sudah diiris tipis di atas saus, taburi dengan keju parut.
  4. Panggang kembali sampai matang (sekitar 8-10 menit).
  5. Angkat dan siap disajikan dengan saus tomat dan sambal.

C360_2014-11-01-11-41-53-919
Foto di atas itu, aq gak pake daging karena adekku anti daging. Alhamdulillah nemu jamur di warung, jadi sausnya aq bikin saus jamur…😛
Kemarin aq gak panggang pake oven, tapi pake wajan datar anti lengket yang ada tutupnya. Alhamdulillah berhasil, tapi jadi lebih panas daripada pakai oven. Hehehe…

Buat mau nyoba, gak usah takut untuk berkreasi. Bisa jadi kreasi temen2 lebih bagus dan lebih enak dari buatanku. Yang penting masak dengan sepenuh hati ya! ^_^

Selamat memasak

Tag:, , , ,

About ryu1nayumi

Sebutir pasir yang berharap bisa bermanfaat untuk makhluk lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: