Tabungan Paling Aman dan Menguntungkan

Bismillahirrahmanirrahiim…

Ternyata lama juga gak posting. Ritme otak masih dalam tahap penyesuaian dengan kondisi yang baru. Hehehee…ngeles ;-P

Lagi pengin cerita tentang tabungan. Teman2 punya tabungan? Banyak ataupun sedikit, kemungkinan besar punya.
Di mana kalian menyimpannya?
Orang jaman dulu, mbah-mbah kita sering nyimpen tabungan di bawah kasur, atau di dalam lemari di bawah lipetan baju. Kok tahu? Ya iya lah…dulu waktu kecil kan sering nguntit simbah biar dapat uang jajan. Hehehee…
Klo jaman sekarang udah gak kali ya…
Sejak anak-anak kita diajari menabung, inget banget dulu dibeliin celengan/kenclengan tanah liat, lama-lama ada yang berbentuk ayam, lucu, tapi aq gak berani minta dibeliin,,, lama kelamaan muncul kenclengan dari bahan plastik maupun kaleng. Bentuknya pun aneka ragam. Terakhir aq liat di toko ada bentuk sepeda dan pesawat… Hmm…pengin…tapi dah bukan ukuranku kalii…

Buat sebagian orang yang diberi kecukupan dan kelebihan rezeki, pasti banyak tabungannya. Semakin banyak isi tabungan, mungkin (cuma menduga-duga aja;-P) berpikir lebih lagi dalam memilih tabungan, tabungan apa yang paling aman, mungkin juga berpikir tabungan apa yang paling menguntungkan.

Maka tabungan bagi “the have” tidak hanya berupa tabungan di bank, deposito, bisa juga berupa emas yang berupa perhiasan maupun emas batangan. Lebih lagi ada yang nabung berupa investasi saham atau yang lainnya.

Jika kita punya uang atau harta banyak, mana yang akan dipilih? Yakinkah tabungan kita aman?

Beberapa hari terakhir agak disentil ma Allah, dan kemudian muncullah kesadaran banyak hal, di antaranya tentang tabungan yang paling aman dan paling menguntungkan. Apa itu? Shodaqah alias sedekah. Kenapa begitu?

Karena sesungguhnya ketika kita bersedekah, menginfakkan sebagian harta kita di jalan Allah, maka sebenarnya kita sedang menitipkan harta yang kita infakkan itu kepada Allah. InsyaAllah kita akan bertemu lagi dengannya di akherat kelak. Bukan hanya itu, apa yang kita sedekahkan dan infakkan akan disuburkan, dilipatgandakan oleh Allah.

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah SWT adalah serupa dengan SEBUTIR BENIH yang menumbuhkan 7 BULIR. Pada tiap bulir SERATUS BIJI. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki dan Allah maha luas (karunia-nya) lagi maha mengetahui.(QS Al-Baqarah : 261)

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan (QS. Surah Al-Baqarah : 245)

Abu Hurairah r.a berkata, Rasulullah SAW bersabda yang maksudnya: “ Barangsiapa bersedekah seberat biji kurma dari usaha yang baik, dan tidak naik (sampai) kepada Allah melainkan yang baik, maka sesungguhnya Allah menyambutnya dengan tangan kanan-Nya. Kemudian Allah memelihara sedekah itu untuk pemiliknya, sebagaimana seorang kamu memelihara anak-anak kudanya sehingga menjadilah sedekah itu setinggi gunung.” (al-Bukhari dan Muslim)

Bahkan, sedekah berupa seteguk air dan sebutir kurma pun bisa menjadi pelindung kita dari api neraka, buka lagi Khutbah Rasulullah saw. menjelang Ramadhan yuk…

Gimana? Yakin kan?

Nah, mumpung kita lagi di Bulan Ramadhan yang mulia, di mana semua amalan kita dilipatgandakan pahalanya oleh Allah swt., yuk kita perbanyak infaq dan shadaqoh di bulan ini. Semoga Allah menerima amal ibadah kita semua. Aamiin… ^_^

Tag:, , ,

About ryu1nayumi

Sebutir pasir yang berharap bisa bermanfaat untuk makhluk lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: