Pioneer

Beberapa hari terakhir banyak peristiwa di angkasa. Ada hujan meteor 2-3 hari yang lalu, ada juga gerhana bulan sebagian yang bisa tampak di beberapa tempat di Eropa, Afrika, dan Asia termasuk Indonesia. Tapi aku gak lagi mo cerita tentang itu, klo mo tahu lebih banyak bisa buka space.com. Kebetulan baca juga beberapa artikel tentang space di koran jadi pengin nulis sesuatu yang berbau space gitu. Berhubung hari ini tanggal 25 April, maka aku menulis sepotong tentang Pioneer 10, pesawat angkasa luar yang pada tanggal 25 April (1983) mencapai orbit Pluto (planet terluar dari tata surya kita saat itu).

Pioneer 10 yang aslinya bernama Pioneer F adalah salah satu robot penjelajah angkasa milik NASA. Proyek Pioneer 10 bersaudara dengan Pioneer 11 (Pioneer G) disusun dan disetujui tahun 1960-an. Keduanya termasuk pesawat angkasa luar tanpa awak (unmanned space missions). Pioneer 10 sendiri punya misi utama untuk mengamati Planet Jupiter. Ternyata Pioneer 10 tidak hanya berhasil mengamati Planet Jupiter dan mengirimkan foto-foto planet terbesar ini ke bumi, tetapi juga berhasil menjadi pesawat angkasa luar pertama yang bisa mencapai escape velocity (kecepatan minimum untuk bisa lepas dari gravitasi) tata surya kita.

Pioneer 10 diluncurkan dari Florida pada tanggal 3 Maret 1972. Bulan Juni tahun yang sama berhasil melintasi orbit Planet Mars dan sebulan kemudian masuk cincin asteroid, memulai misi pengamatannya terhadap Planet Jupiter. Pioneer mencapai jarak terdekat dari Planet Jupiter pada tanggal 4 Desember 1973, dan mulai misinya menjelajah angkasa luar pada Bulan Januari tahun berikutnya.

Pada tanggal 25 April 1983 Pioneer 10 melintasi orbit Pluto akan tetapi bukan orbit regulernya (orbit yang paling dekat dengan Matahari, jaraknya ke Matahari lebih dekat daripada jarak orbit Neptunus ke Matahari), kemudian tanggal 13 Juni 1983 melintasi orbit Planet Neptunus (planet terluar saat ini) dan menjadi pesawat angkasa luar pertama yang keluar dari tata surya kita.

Pada akhir Maret 1997, misi Pioneer 10 berakhir. Sampai dengan awal tahun 2003, masih ada kontak dengan bumi, kemudian setelahnya tidak dapat dikontak lagi. Posisi Pioneer saat ini diperkirakan berjarak lebih dari 100 ribu AU dari Bumi dan mendekati konstelasi Taurus.

***

Bagiku kata pioneer itu punya kenangan tersendiri. Dalam sebuah outbond training waktu SMA, kelompok kami diacak membentuk kelompok-kelompok baru. Dari masing-masing kelompok dipilih satu orang untuk menjadi pioneer yang akan mencari jalan dan membuat jejak untuk perjalanan teman-teman se kelompoknya nanti.

Kakak pembimbing kelompokku awalnya tidak mengumumkan tugas ini, hanya menanyakan, siapakah di antara kami yang paling tidak pedhe alias minder, sering berkecil hati dan tidak sering tampil? Akulah orangnya. Baru setelah itu aku diberi tugas tadi. Salah satu hal yang membuatku bersemangat karena motivasi dari kakak pembimbing yang mengatakan bahwa setiap orang diberikan kemampuan yang hebat, jangan dipendam sendiri. Setiap orang pasti akan menghadapi tantangan-tantangan dalam hidupnya, maka jangan takut untuk menjadi seorang pioneer, jangan takut untuk memulai sesuatu, meskipun sesuatu itu belum pernah dilakukan orang lain. Kita harus berani, selama kita berada di jalan yang benar, Allah pasti menolong kita. Bismillah, aku melangkah, dan ternyata aku bisa.

Belajar dari Pioneer 10, kupikir kita pun pasti bisa melalui tantangan-tantangan yang kita hadapi. Bahkan sangat mungkin kita bisa mencapai sesuatu yang lebih besar daripada target-target kita pada awalnya.

So, ayo semangat friends, gapai mimpi kita dan jadilah seorang pioneer!

Ganbatte kudasai! ^_^

Tag:, , , , , , , ,

About ryu1nayumi

Sebutir pasir yang berharap bisa bermanfaat untuk makhluk lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: