Usia 3 Tahun Khatam Baca Al-Qur’an? Bisa!

Pada kesempatan aku dateng ke pertemuan rutin Salimah ahad kemarin, sangat terkesan karena tausyah yang disampaikan oleh Bu Anis, seorang dosen UNY yang asli Temanggung. Dengan khas gaya tausyahnya yang ringan, salah satu yang beliau sampaikan sekaligus tantangan untuk hadirin yang kebanyakan ibu-ibu. Tantangannya adalah agar anak-anak usia 3 tahun sudah khatam baca Al-Qur’an.

Tak satu pun pendengar yang tidak terkejut mendengarnya, pasalnya membaca bukan hal mudah, apalagi membayangkan untuk anak-anak di usia tersebut. Bisa kita bayangkan, anak-anak seusia itu pasti sedang lucu-lucunya, lari ke sana ke mari, dengan berbagai tingkah polah dan keluguannya. Membaca? Apalagi membaca Al-Qur’an dengan tulisan Arab??? Sulit dipercaya.

Akan tetapi hal itu ternyata bukan idealita atau mimpi semata. Bu Anis sudah membuktikannya, keempat putrinya (yang pertama sudah kuliah dan terakhir sudah kelas 2 SD) semua sudah khatam membaca Al-Qur’an ketika usia 3 tahun.

Pasti penasaran bagaimana caranya, iya kan? Seperti kami waktu itu. Ini nih, cara yang diterapkan Bu Anis agar putri-putrinya bisa khatam membaca Al-Qur’an di usia dini:

  1. Niat lurus dari orang tuanya untuk mengajarkan Al-Qur’an sejak dini.
  2. Sedari kecil, sejak mulai bicara, anak-anak dikenalkan dengan huruf-huruf/ membaca huruf arab. Tidak perlu sebuah kelas, cukup kenalkan sambil bermain atau ketika menyuapi anak. Sebuah mainan ditempel stiker/label yang ditulisi sebuah huruf, misal Ba. Mainan yang lain ditempeli huruf yang lain. Sambil bermain, anak-anak bisa ditanya, “Apa ini dek?” sambil menunjukkan huruf yang tertulis. Cara ini bisa efektif sekalian untuk huruf latinnya. Jadi, sekali jalan, anak langsung belajar membaca 2 hal sekalian.
  3. Berbuat baik kepada khadimat/pembantu di rumah. Posisikan khadimat sebagai anggota keluarga bagi kita, juga anak-anak. Khadimat adalah mbak, atau bulik, atau budhe bagi anak-anak, jadi semua anggota keluarga dekat. Dengan khadimat sebagai keluarga, kita bisa ‘nitip’ pesen, minta bantuan agar mengajak anak-anak mengingat huruf-huruf saat makan atau bermain. Anak belajar sambil bermain.
  4. Jika proses tersebut terus konsisten, insyaAllah anak-anak bisa khatam membaca Al-Qur’an di usia 3 tahun dan bukan tidak mungkin untuk menghafalnya di usia dini juga.
  5. Bu Anis mengingatkan untuk tidak menyia-nyiakan masa golden age. Sayang jika masa itu tidak dioptimalkan.

Hmm…Bunda, gimana? Ada yang tertantang untuk mencoba? Harus donk…;-)

Tag:, , , ,

About ryu1nayumi

Sebutir pasir yang berharap bisa bermanfaat untuk makhluk lain

6 responses to “Usia 3 Tahun Khatam Baca Al-Qur’an? Bisa!”

  1. jaraway says :

    Reblogged this on _matahari terbit_ and commented:
    Yup, bisa insyaAllaah..😉
    yaaaaaaay.. ke too mbaa Oet.. aku kangen tenan ro tulisanmu.. marakke smangaD,, hihihi.. jleb jleb as always.. hihi

  2. delimasari says :

    y, memang benar jika slalu mngenalkan hruf2 alqur’an sdari dini mka tdk mnutup kmungkinan anak2 kita bisa mmbca hruf alqur’an. sprti yg sy alami dngn seringnya sy mmbca alqur’an dn mngjar ngaji pd anak2 murid sy dirmh mka alhmdulillah kdua anak sy pun sudah pintar mmbca hruf alqur’an. Dn alhdulillah lg anak sy yg kdua brumur 2th dn sudh mulai pintar mmbca hruf hijaiyah dn sdh hafal bbrapa do’a2 harian, mhon do’anya y bu ustdzh agr anak2 sy dijadikn anak2 yg sholeh dn sholehah dn jg pintar bca alqur’an,amiiin,,,,

  3. Arni aulia says :

    Saya sangat senang mendgr crita dr ibu, krn ank saya jg pintr mmbaca Alqur’an diusianya kini yg ke4thn dia sdh juz 7, dan pndai mnulis, mmbaca, mnjwb cepat smua soal hitungan.

  4. windu says :

    saya seorang ayah, anak sy usianya 15 bulan, dan baru d tinggal mamanya menghadap sang ilahi, dan saya ingin anak saya menjadi orang yg pandai dan genius membaca alquran dgn merdu.. nama of my son is genius…mohon doanya yaaa… amin

    • ryu1nayumi says :

      Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un…
      Smg Allah menerima amal dan mengampuni dosa istri bapak.
      Smg putra bapak menjadi putra yg sholih, yang selalu mempelajari dan mengamalkan Al-Qur’an sehingga dapat mempersembahkan jubah kemuliaan untuk kedua orang tuanya di akhirat kelak.
      Teruslah bapak bersemangat dan memberi semangat dan doa untuk putra bapak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: