Menjaga Mata Tetap Bersih dan Sehat

Salah satu nikmat yang Allah berikan kepada kita adalah penglihatan. Mata menjadi indera yang sangat penting dalam penglihatan kita, karena bagaimanapun penglihatan kita akan menjadi bermasalah ketika ada sesuatu yang tidak beres dengan mata kita. Sayangnya banyak di antara kita yang kurang memperhatikan kesehatan mata (termasuk yang nulis-pen :-P)

Klo kita mau menyadari, betapa besarnya nikmat Allah lewat mata, tentu kita akan berusaha menjaga mata kita dengan sebaik-baiknya. Apalagi Allah memberikan kita sepasang mata yang sangat istimewa, tidak ada gantinya, dan tidak ada duanya. Sekali mata kita rusak, tidak bisa diperbaiki dan dikembalikan sempurna seperti sediakala, meskipun dengan operasi yang menggunakan teknologi canggih. Ayah dari salah seorang temanku mengalaminya. Pasca operasi mata, penglihatan langsung jernih, sayangnya hanya berlangsung beberapa hari. Setelah itu, kondisi memburuk lagi. Lain lagi dengan nenekku yang terkena katarak parah, jika dioperasi sekalipun dokter pun tidak bisa menjamin hasilnya. Berbagai cara lain sudah ditempuh, tetapi tidak banyak membantu.

Nah, selagi masih sempat, yuk kita jaga mata kita sebaik-baiknya. Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu kita menjaga anugerah berupa mata:

  1. Menjaga jarak pandang saat membaca, di depan komputer/laptop, atau menonton televisi. Jarak terlalu dekat dalam waktu lama membuat kerja otot mata menjadi berat. Oya, saat membaca, usahakan posisi seimbang, jangan sambil tiduran, karena kerja konsenterasi mata kiri dan kanan tidak akan sama.
  2. Seringlah istirahat dari depan layar/monitor atau depan buku. Relaksasi sebentar dengan melihat benda yang berjarak agak jauh. Selain itu, waktu relaksasi memberi kesempatan bagi mata untuk banyak berkedip. Berkedip berfungsi untuk membasahi mata sehingga tidak kekeringan.
  3. Sering-seringlah melihat pemandangan. Dengan melihat jarak jauh, melatih otot mata untuk kontraksi dan relaksasi. Pemandangan berwarna hijau akan membuat mata menjadi lebih segar.
  4. Bersihkan mata setiap pagi dengan mengalirkan air dingin ke mata kita. Tips baru ini baru kuketahui, beberapa hari lalu ketika ada pemeriksaan mata di sebuah sekolah. Waktu itu, salah seorang guru mendapat hasil pemeriksaan yang sangat bagus. Menurut dokter yang memeriksa, mata guru tersebut sangat bersih, tidak ada lapisan kotor, tidak terkena rabun jauh, rabun dekat, silindris, maupun yang lain. Dia mengaku matanya terjaga tetap bersih dan sehat karena dia mengikuti nasehat neneknya untuk membersihkan mata dengan mengalirkan air di mata setiap pagi.
  5. Satu hal lagi yang paling penting adalah menjaga pandangan mata kita dari melihat hal-hal yang tidak halal untuk kita lihat. Bukankah pandangan kita bisa menjadi panah setan? Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian, apa yang kita lihat sangat mudah membekas dalam ingatan kita, dan “kebersihan” hal yang kita lihat sangat mempengaruhi kinerja jantung dan otak.

Hemm…gimana? tidak sulit ya ternyata…

Yuk…kita jalankan. Semoga Allah menjaga mata-mata kita. Bismillah…🙂

Tag:, , , , , , ,

About ryu1nayumi

Sebutir pasir yang berharap bisa bermanfaat untuk makhluk lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: