Semua Akan Dibalas

Akhir-akhir ini banyak penindasan, kedzaliman yang kulihat dan kurasakan dari pemimpin kepada yang dipimpinnya. Seperti yang teman-teman lihat sendiri di berita koran dan televisi, saudara muslim kita di Myanmar mengalami penindasan dan pembantaian. Sungguh sesuatu yang sangat tragis.

Di sekitarku, kurasakan sendiri arogansi pemimpin yang menimbulkan kedzaliman, penindasan mental kepada bawahannya. Sungguh, klo dipikir-pikir, maksud beliau jelas baik, ingin meluruskan bawahannya yang menurut beliau kurang punya sopan santun (padahal di mata orang lain, bawahannya itu sangat santun) hanya karena sesuatu hal kecil. Akan tetapi, menurutku yang membuat beliau (mungkin tidak merasa) telah menyakiti bawahannya.

Apa yang ingin beliau sampaikan, nasehat untuk kesalahan bawahannya tidak mengena, akan tetapi beliau bercerita panjang lebar, menghakimi bawahannya, bahkan sampai mengungkit-ungkit dan menjelekkan adik dan kakak si bawahan tadi. Saya hanya merasa ini tidak benar. Tidak selayaknya sedikit kesalahan seseorang dibalas dengan hal seperti itu. Jika hal itu terjadi pada orang lain, padaku, pasti terasa sangat menyakitkan. Kita bisa menerima kemarahan orang lain atas kesalahan kita, tapi apa perlu sampai menjelekkan keluarga?

Aku kemudian berpikir, na’udzubillahi min dzalik. Ya Allah, lindungilah kami dari berlaku dzalim seperti ini. Jika kami menasehati orang lain, takdirkanlah kami menasehati dengan cara yang baik.

Jadi ingat beberapa hal yang Allah firmankan…

Dan bagi Allah seluruh apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dia akan membalas orang-orang yang berbuat keburukan dengan apa yang mereka kerjakan, dan membalas orang-orang yang berbuat baik dengan kebaikan.” (An-Najm : 31)

Maka barangsiapa yang berbuat kebaikan seberat biji dzarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang berbuat kejahatan seberat biji dzarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.” (Al-Zalzalah:7-8)

So frieds, mari kita berhati-hati, pun dalam setiap hal yang kita niatkan sebagai kebaikan, karena bisa jadi cara yang tidak tepat jutru mendzalimi orang lain.

Ya Allah, lindungilah kami dari berbuat dzalim, dan dari kejahatan orang-orang yang dzalim.

Tag:, , , ,

About ryu1nayumi

Sebutir pasir yang berharap bisa bermanfaat untuk makhluk lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: