Indahnya Ukhuwah

Ukhuwah, persaudaran…apa yang terasa, terlintas dalam benak?

Bagiku, ukhuwah islamiyah, persaudaraan dalam Islam, karena Islam adalah sesuatu hal yang indah, yang hebat. About it, wanna  say much of subhanallah walhamdulillah…

Persaudaraan dalam Islam, karena Islam, karena kesamaan akidah. Tak peduli beda suku, beda bangsa, beda warna kulit, beda postur tubuh. Kesamaan karena berada dalam Islam membawa orang yang merasakannya berada dalam kebaikan, dalam kedamaian.

Ukhuwah Islamiyah bukanlah persaudaraan, kedekatan dan persaudaraan yang hanya karena ikatan darah. Bukan pula ikatan yang saling setia karena mengharap keuntungan dunia semata. Ukhuwah tidak hanya ada di kala senang dan bahagia. Subhanallah, hal yang ajaib dari ukhuwah ini adalah karena ia mampu menggerakkan hati-hati manusia untuk melakukan hal-hal yang di luar dugaan, berani memperjuangkan banyak hal. Dari kehidupan Rasulullah saw dan para sahabat kita banyak mendapatkan contohnya.

Yang dekat dengan kita di jaman ini, ukhuwah telah membuat orang-orang dari berbagai suku dan bangsa rela mempertaruhkan nyawanya untuk turut membantu saudara di negeri-negeri muslim yang tertimpa konflik, Palestina salah satunya. Yang tidak bisa datang pun merelakan hartanya untuk turut andil.

Secara pribadi aku banyak melihat bukti yang kualami. Ketika masih kuliah dulu, bahkan sampai sekarang, sering sekali melihat bagaimana banyak orang yang tidak saling mengenal rela memberikan bantuannya, karena mereka saudara sesama muslim. Bahkan ketika musibah menimpa, ada potongan hati yang ikut merasakan kesedihan.

Aku masih ingat saat salah seorang akhwat di kampus yang mengalami kecelakaan dan harus menjalani beberapa kali operasi. Subhanallah, buaanyak sekali orang yang membantu, bukan hanya dari kampus yang sama, bukan hanya dari kota yang sama. Banyak yang memberikan donasi, dukungan moril, donor darah, bahkan tak sedikit yang ikut menggalang dana. Tak sedikit pun mengharap imbalan. Hal itu tidak hanya terjadi sekali dua kali. Subhanallah…

Sekarang pun ketika jauh dari kampus masih bisa kurasakan hal yang sama. Ada rasa kehilangan ketika salah satu saudara (yang notabene gak pernah kenal) mengalami kecelakaan dan meninggal dunia, seperti Ukhti Ari Wahyuningsih dan suaminya di Samarinda beberapa hari lalu. Terlantun doa untuk mereka semoga amal kebaikan mereka diterima Allah, dosa dan kesalahannya diampuni, keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran.

Ukhuwah bisa membuat orang yang tidak kenal saling melemparkan senyum tulus di sepanjang jalan, saling menolong, saling mendoakan.

Kehebatan ukhuwah juga yang telah menjadikan banyak orang yang menikah tanpa mengenal terlebih dahulu bisa menggapai sakinah, menjadi keluarga yang harmonis. Ukhuwah menjadikan rumah tangga tersebut penuh dengan cinta dan kasih sayang karena Allah. Perbedaan karakter, latar belakang, kebiasaan tidak menjadi masalah, karena itu bukan perbedaan yang prinsip. Satunya akidah dapat menyatukannya. Subhanallah, sungguh indah terasa.

Alangkah lebih indah lagi jika semua orang bisa merasakan ukhuwah ini, jika semua orang saling mengerti, saling berlomba untuk melakukan kebaikan satu sama laiin, tidak ada yang memusuhi, membenci, tidak ada yang saling mendengki, tidak ada yang menghasut, memfitnah, apalagi menjegal dan hendak mencelakakan saudaranya sendiri. Juga tidak ada yang hanya mencari keuntungan pribadi tanpa memperhatikan orang lain di sekitarnya.

Sungguh sedih rasanya mendengar kabar ada saudara yang saling menyakiti perasaan satu sama lain, saling memfitnah, saling menjelekkan saudaranya,,,😦 Semoga Allah memberikan mereka hidayah-Nya, dan semoga kita bisa mempertahankan ukhuwah ini, menjadikan kita golongan orang-orang yang mendapatkan naungan-Nya di hari akhir nanti.

Tag:, , ,

About ryu1nayumi

Sebutir pasir yang berharap bisa bermanfaat untuk makhluk lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: