Berbagi = Bahagia

Just wanna share…
Liburan sekolah kali terasa lebih membahagiakan bagiku. Bukan karena aku ikut liburan juga, tapi banyak hal yang terjadi di liburan kali ini.

Penasaran sendiri, sebenarnya apa yang membuatku berbahagia? Dipikir-pikir, ternyata salah satunya karena kali ini lebih banyak berbagi. Berbagi hadiah kecil ke ponakan-ponakan, berbagi cerita dan rasa dengan kakak ipar, berbagi rasa dengan ortu, berbagi semuanya.

Ternyata berbagi itu tidak perlu mengeluarkan biaya banyak. Berbagi tidak selalu identik dengan mengeluarkan uang, tergantung apa yang kita bagi dan dengan siapa kita berbagi.

Hadiah-hadiah kecil yang kuberikan, sangat kecil jika dinilai dengan uang, tapi subhanallah efek yang ditimbulkan sangat besar. Melihat keceriaan mereka, bermain bersama meski kadang ada saling berebut mainan (jadi inget, bonekaku si Terry yang ditarik ke sana ke mari oleh 3 ponakanku ^_^), subhanallah…menyenangkan. Aku bahagia, mereka bahagia.

Saudara ipar perempuan tidaklah selalu orang yang tidak menyenangkan atau memusuhi kita. Bagiku, kakak ipar perempuanku serasa seperti kakakku sendiri. Apalagi sejak dia juga jauh dari suami sepertiku. Seolah hubungan kami menjadi semakin dekat, ngobrol apapun bisa nyambung. Momen liburan sekolah beberapa pekan terakhir menjadi waktu yang menyenangkan. Dia berlibur ke rumah ortu (mertuaku). Kami bisa bercerita banyak hal. Bukan hal yang penting yang kami obrolkan, sekedar cerita-cerita di selang hari-hari penuh aktivitas kami selama tidak bertemu. That’s it. Mempunyai teman berbagi cerita, berbagi rasa. Subhanallah…membahagiakan ^_^

Berbagi dengan ortu memang gampang-gampang susah. Tetapi ketika hati kita lapang, bisa merasakan apa yang mereka rasakan, itu membuat nyaman. Liburan kali ini, memang kami agak kehilangan. Adekku yang sering pulang, bulan ini mulai KKN, yang kecil dan biasanya usil bulan ini mulai sekolah di boarding school alias ponpes di daerah Solo. Apalagi menjelang Ramadhan, di mana keduanya lah yang paling sering bersemangat soal makanan. Tanpa mereka di rumah, rasanya aneh, sepi, karena kami bertiga baik-baik saja, tidak yang bikin keributan-keributan kecil. Jujur, kangen mereka, aku yakin ortu pun merasakan hal yang sama, apalagi kedua anak yang sedang jauh dari rumah itu. Tetapi aku yakin, keberadaan mereka di tempat masing-masing insyaAllah berada dalam kebaikan, dan sedang belajar untuk kehidupan mereka di masa depan. Berusaha meyakinkan ortu bahwa mereka baik-baik saja, mendengarkan curhat ortu, ngertiin perasaan mereka memang tidak mudah, tapi menyenangkan masih bisa melakukannya. Subhanallah, Maha Suci Allah yang menyusupkan perasaan bahagia di hati.

Bermain, berbagi keceriaan bersama remaja pelajar. Akhir tahun ajaran baru-baru ini sengaja kupakai dengan mengajak teman2 pelajar jalan2 outdoor. Bersama beberapa rekan yang juga biasa membersamai adek-adek pelajar di sebuah SMK, aku mengadakan outdoor games. Rute perjalanan cukup dekat, dan hanya ada 3 pos permainan kelompok selain permainan grup besar. Permainannya pun bukan permainan yang sulit dan rumit. But, it’s fantastic. Having fun with them, seeing their happiness, their laught… Subhanallah, nothing I could say but, “I’m Happy” ^_^

Berbagi semangat, saling menguatkan dan mendoakan dengan suami yang jauh di mata tapi nempel di hati, Subhanallah, sangat menentramkan dan membahagiakan.

Yang tak kalah membahagiakan adalah berbagi salam dan senyum kepada teman-teman kantor, orang-orang yang sering dilewati dalam perjalanan. Tak selalu mudah, tapi sangat menyenangkan ketika bisa melakukannya setulus hati…^_^

Ini sekedar sedikit ceritaku berbagi dengan orang-orang yang kusayangi. Berbagi itu bahagia, bukankah begitu?
Gimana ceritamu?

Tag:,

About ryu1nayumi

Sebutir pasir yang berharap bisa bermanfaat untuk makhluk lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: