Al-Qur’an itu Dimudahkan #2

Assalamu’alaikum wr wb.

Al-Qur’an tidak hanya dimudahkan bagi kita untuk membacanya. Tetapi Al-Qur’an juga diciptakan dengan dimudahkan untuk dipelajari isinya, untuk dijadikan peringatan. Empat kali Allah menegaskan di Surat Al-Qomar bahwa Allah benar-benar memudahkan Al-Qur’an untuk dijadikan pengingat dan peringatan.

Bagaimana Allah memudahkan kita untuk mengambil peringatan, pelajaran dari Al-Qur’an?

Yup, salah satunya dengan cerita,, kisah.

Kalau kita menghadapi anak2, salah satu cara yang efektif untuk memberikan pengajaran, nasehat, dsb adalah dengan bercerita. (Hayoo…bunda-bunda dan guru-guru TK wajib bercerita). Dengan cerita anak akan lebih mudah mengingat, lebih mudah membayangkan dan memvisualisasikan dengan imajinasinya masing-masing. Dengan begitu pesan yang terkandung dalam cerita akan lebih mudah diterima anak.

Kita, orang dewasa pun senang dengan cerita. Ada yang hobi baca cerpen, novel, dll. Ada juga yang suka cerita yang sudah tervisualisasikan dalam bentuk film, drama serial, sinetron, atau bentuk lain. Intinya kebanyakan orang suka dan mudah menerima cerita.

Subhanallah, Maha Suci Allah Yang Maha Mengenal hambaNya. Dia Tahu kita suka cerita, maka Ia pun mengajari kita dengan cerita, kisah2 yang bisa kita ambil pelajarannya, ibroh dan hikmah di balik kisah itu. Contoh akibat kedurhakaan kepada Allah, ada banyak kaum di masa lalu yang diceritakan dalam Al-Qur’an, ada kaumnya Nabi Nuh as, Kaum ‘Ad, kaum Tsamud, kaumnya Nabi Luth, Fir’aun, dan sebagainya. Allah pun memberikan kisah-kisah keteladanan yang bisa kita jadikan contoh, kesabaran Nabi Ayyub as dengan berbagai ujian, kegigihan Nabi Zakariya dalam mohon keturunan penerus dakwahnya, kisah Nabi Yusuf as, kisah Ibrahim as, Ismail as, Ishaq as, dan nabi-nabi yang lain. Pun Allah juga memberikan kisah orang-orang yang beriman, ashabul kahfi, Asiyah istri Fir’aun, Maryam binti Imran, dsb.

Allah sudah memudahkan peringatanNya dengan bentuk kisah2, cerita, sesuatu yang mudah kita terima dan kita cerna. Akan tetapi kita perlu mengasah terus kemampuan kita untuk mengambail pelajaran dari kisah2/cerita yang ada. Karena cerita di dalam Al-Qur’an bukanlah sekedar cerita yang kita nikmati sebagai hiburan seperti cerpen, novel, film, dll. Allah menjadikannya peringatan, untuk kita ambil pelajaran. Bagaimana caranya ya? tentu hal pertama adalah dengan membacanya dengan frekuensi sering. Tadabburi juga dengan membaca makna, terjemah, juga tafsirnya.
Hmm…gak mudah memang, apalagi untuk memulainya sebagai sesuatu yang baru.

Biar lebih semangat, ayo kita ingat2 4 ayat dalam Surat Al-Qamar:
Dan benar-benar telah Kami mudahkan Al-Quran sebagai peringatan; Adakah yang mau mengambil pelajaran?

Bismillah…sebentar lagi Ramadhan, ayo nikmati APEL (Ayo PElajari aL-qur’an)!  ^_^

Tag:, , , , ,

About ryu1nayumi

Sebutir pasir yang berharap bisa bermanfaat untuk makhluk lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: