Gol itu bukan hanya perjuangan di depan gawang

Aku bukanlah salah satu pecandu permainan sepakbola. Meskipun waktu kecil itu adalah permainanku bersama beberapa teman laki-laki di sekitar rumah. Bagiku sepakbola hanyalah permainan hiburan. Pas adek atau bapak nonton bola di televisi, kadang ikut nonton, tapi tidak nonton juga tidak merasa rugi atau ketinggalan.

Beberapa waktu lalu di televisi disiarkan pertandingan sepakbola persahabatan antara tim Indonesia dengan tim sepakbola dari sebuah klub sepakbola di Eropa. Karena ditayangkan tidak larut malam, bapak tertarik untuk menonton, apalagi yang main kan tim Indonesia (ceritanya nasionalis gitu..:-D). Aku pun menemani sebentar.

Dari segi kualitas dan pengalaman bermain, sepertinya tim Indonesia sudah bisa diprediksikan mengalami kekalahan, tetapi masih ada harapan untuk memberikan perlawanan yang baik dan seimbang, menghadirkan permainan yang bagus.

Setelah mengalami kekalahan 1 – 0, tim Indonesia berhasil menyamakan kedudukan manjadi 1 – 1. Sebuah perjuangan yang layak diacungi jempol. “Gelandang kiri yang bagus,” kata ayahku. Iya, benar, masuknya gol tersebut tidak lepas dari perjuangan gelandang kiri yang berhasil menyerobot bola dari kaki lawan dan mengumpankannya pada striker yang juga siap menerima bola.

Karena lama tidak nonton sepakbola, aku jadi seperti diingatkan kembali. Sepakbola itu permainan tim. Tidak ada pemain yang berdiri sendiri, dan semua pemain di posisi manapun, pasti punya perjuangannya masing-masing. Berhasilnya sebuah tim mencetak gol tidak hanya dikarenakan strikernya yang handal memasukkan bola ke gawang lawan, tetapi juga ada umpan yang akurat dari teman satu timnya, ada teman yang menyerobot bola ketika berada di kaki lawan, ada yang menggiring dan mengumpan bola dengan tepat dan aman, dan sebagainya. Perjuangan untuk mencetak gol pun tidak mudah, harus dilakukan terus-menerus tanpa lelah. Gagal memasukkan gol, coba lagi, cari celah lagi, coba dan terus mencoba lagi. Ketika bola diserobot lawan, coba lagi dan lagi untuk mengambilnya kembali.

Aku jadi berpikir sesuatu. Hidup kita, mungkin juga seperti itu. Dalam setiap fase kahidupan kita, berada di posisi apapun, apapun peran yang kita mainkan, kita harus selalu bersemangat dan terus berjuang, berusaha semaksimal mungkin untuk meraih gol-gol yang kita impikan. Semakin giat kita berusaha, gawang “mimpi” kita semakin dekat, dan gol seperti semakin mudah untuk dicetak. Jika memang belum saatnya kita meraih “mimpi” kita, maka gol belum akan tercetak. Tapi kita harus terus bersemangat untuk mencoba can mencoba lagi, terus berjuang tanpa lelah. Karena dalam setiap perjuangan itu kita bisa belajar, belajar dari kesalahan cara kita, kesalahan timing kita, atau kesalahan lainnya. Di situlah kita juga belajar untuk bersabar, bersabar untuk terus berjuang, bersabar untuk menunggu keberhasilan kita.

Wallahu a’lam bishshowab.

Ganbatte kudasai! ^_^

Tag:, , , , ,

About ryu1nayumi

Sebutir pasir yang berharap bisa bermanfaat untuk makhluk lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: