Ir. Kerupuk

Penasaran? Apa maksudnya? Tentu saja Ir. singkatan dari kata insinyur.

Insinyur Kerupuk???
Yup, tepat sekali. Begitulah aku menyebutnya.

Beliau adalah seorang pedagang kerupuk keliling. Aku mengenalnya ketika masih sekolah dulu. Beliau selalu berjalan berkeliling dengan jarak berkilo-kilo meter dengan memanggul (memikul) empat bungkusan besar kerupuk, sambil menawarkan kerupuknya, “Pok, krupok…pok, krupok…” Penampilan beliau biasa saja, kaos, topi lawas, dan sehelai handuk kecil di leher.

Pernah suatu kali ketika liburan, aku menyapu halaman depan, beliau lewat. Sesuai pesan ibu, aku membeli kerupuknya. Sambil membungkus pesananku, si bapak menanyakan macam2, seperti aku sekolah di mana, dsb. Beliau juga suka mengajak diskusi macam2. Dalam hati aku bilang, orang ini pasti pinter.

Pas sudah kuliah, beliau pernah menanyakan lagi sekolahku. Begitu tahu aku kuliah di fakultas teknik, beliau kemudian bercerita macam2 tentang kehidupannya, sesuatu yang selama ini belum pernah kuketahui. Ternyata beliau seorang INSINYUR, ENGINEER…! Wow!

Beliau pernah kerja di perusahaan swasta, tetapi kena PHK. Kemudian beliau memutuskan untuk pulang kampung dan membangun usaha baru, berjualan kerupuk.

Bukan hal yang mudah memulai usaha baru, apalagi dengan status beliau sebagai engineer yang kemudian menganggur. Namun beliau tetap gigih dan tidak mau putus asa. Maka beralihlah beliau menjadi Padagang kerupuk keliling.

Subhanallah, entah kenapa aku merasa kagum kepada beliau, berani memulai sesuatu yang baru, menepis pandangan orang-orang yang tidak bersahabat…

Subhanallah, sejak beberapa tahun terakhir, beliau agak berubah penampilannya, tidak lagi berjalan kaki. Beliau menggunakan sepeda motor untuk berkeliling, dan aku tahu, usaha beliau sudah semakin maju. Dan hal yang membuatku semakin kagum adalah keramahan beliau yang tetap ada ketika melayani pelanggan, senyuman yang seperti tidak pernah pudar, dan kesantunan beliau dalam berkata-kata.

Terima kasih banyak Pak Insinyur Kerupuk, semoga kami bisa belajar banyak darimu.

Tag:, ,

About ryu1nayumi

Sebutir pasir yang berharap bisa bermanfaat untuk makhluk lain

4 responses to “Ir. Kerupuk”

  1. reni says :

    ini blognya uut kah?

  2. hidatte says :

    jadi inget jaman SMP, sering ketemu bapaknya di depan rumah🙂

Tinggalkan Balasan

