Halal dan Sehat kah Daging Ayam yang Kubeli?

Kesempurnaan pemotongan ayam (juga binatang lain) sangat mempengaruhi kesehatan dan kehalalan dagingnya. Maraknya peredaran daging ayam yang pemotongannya tidak sempurna membuat miris sekaligus prihatin. Apalagi daging-daging tersebut di jual di pasar, di tempat umum yang banyak didatangi konsumen.

Salah satu kriteria daging ayam yang halal adalah dipotong dengan pemotongan yang sempurna. Pemotongan sempurna yang dimaksud di sini adalah terputusnya 3 saluran utama, yaitu pembuluh darah utama, saluran pernafasan, saluran makanan. Hal ini sering tidak diperhatikan oleh konsumen, bahkan juga para pedagang dan pemotong daging. Sayangnya, tidak semua pemotong daging mau memotong ayamnya dengan sempurna meskipun sudah ada teguran. Bahkan, beberapa rumor yang beredar di masyarakat, daging yang pemotongannya tidak sempurna, masih ada darahnya, memiliki rasa yang lebih enak.

Nah, sebagai konsumen, ada baiknya kita berhati-hati sendiri terhadap makanan yang kita konsumsi, salah satunya daging ayam. Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan ayam pemotongannya sempurna:

  1. Jika membeli daging di pasar, pilihlah sendiri daging yang akan kita beli. Lihat bekas pemotongan di bagian leher dan pastikan ketiga saluran utama terpotong sempurna dengan potongan yang tidak lurus rapi. Hal ini karena potongan yang lurus rapi diduga akibat pemotongan yang dilakukan setelah ayam mati, bisa karena mati akibat sakit.
  2. Lihat warna dan tekstur daging. Pilih yang kesat, segar, warnanya segar. Daging yang basah bisa jadi akibat diawetkan dengan es.
  3. Hati-hati dengan daging yang kebiru-biruan.
  4. Hindari membeli daging ayam yang sudah diberi warna kuning dengan kunyit.
  5. Lebih aman membeli langsung dari pemotong ayam yang sudah dikenal kebaikan hasil potongannya serta muslim yang baik.
  6. Lebih aman lagi, membeli ayam hidup untuk dipotong sendiri.

Ini beberapa tips yang bisa dilakukan, mungkin ada yang punya tips lain yang bisa dipraktekkan.

Subhanallah, beruntunglah kita yang beragama Islam, yang aturan syariatnya mengatur dan membuat kebaikan dalam semua hal, termasuk dalam pemotongan hewan. Subhanallah, betapa indahnya akhlak Rasulullah saw yang mengajari kita untuk berbuat baik, bahkan pada hewan sembelihan, menyembalih dengan pisau/senjata yang tajam, sehingga kematian itu tidak menyakitkan bagi hewan sembalihan.

Subhanallah walhamdulillah…semoga kita selalu bisa mensyukuri nikmat iman Islam di hati.

Tag:, , ,

About ryu1nayumi

Sebutir pasir yang berharap bisa bermanfaat untuk makhluk lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: